Thursday, July 23, 2009

Pembaharuan Pikiran, Kunci Kemenangan Kita

Pembaharuan Pikiran, Kunci Kemenangan Kita

Roma 12:2 "?Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna?"

2 Korintus 5:17 "?Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang?"

Efesus 4:23 "?Supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu ,?"

Kolose 3:9-10 "?Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, (10) dan telah mengenakan manusia baru yang terus menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;?"

Ayat-ayat Firman Tuhan di atas ini meneguhkan kita bahwa kita harus memperbaharui pikiran untuk bisa hidup dan berjalan sebagai manusia baru! Yang dimaksud dengan memperbaharui pikiran adalah merubah pola pikir anda sesuai dengan firman Allah Amsal 3:5 "?Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri?"
Pada waktu saudara lahir baru, yang diperbaharui Tuhan hanyalah roh saudara, tetapi jiwa saudara harus diperbaharui dengan merubah cara berpikir saudara.
Roma 12:2 "? Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna?"
Satu-satunya cara membuktikan kepada dunia bahwa firman Allah adalah kebenaran ialah jika kita berubah dalam sikap dan perilaku, yang seturut dengan karakter Kristus yang terdapat dalam FirmanNya. Jika kita tidak melalui proses perubahan, seperti dalam kehidupan kupu-kupu yang mengalami perubahan metamorfosis, keberadaan kita sebagai pengikut Kristus hanyalah akan menjadi batu sandungan bagi orang yang belum percaya. Jika hidup kita, karakter kita diubahkan seperti yang Firman katakan, maka orang akan dapat menerima bahwa Kitab Suci adalah kehendak Allah yang sempurna, baik dan benar.

Pikiran kita adalah bagian dari jiwa kita dan merupakan "Pusat" daripada segala pengontrolan tubuh fisik kita. Roma 12:2 versi Amplified Bible berkata: jangan menjadi serupa dengan dunia ini, sistim yang bekerja di dunia ini, jangan mengadaptasi cara duniawi, tetapi hendaklah anda berubah dengan cara memperbaharui pikiran anda seluruhnya oleh sikap yang baru, sehingga anda bisa buktikan pada diri anda sendiri, betapa baiknya, berkenannya dan sempurnanya kehendak Allah itu .

Jadi hidup baru artinya memperoleh ide-ide baru dan sikap baru (yang sesuai dengan Firman) dan melepaskan sikap lama, bukti sah bahwa anda telah menjadi ciptaan baru adalah adanya "Perubahan" Bukan sekedar memperoleh pengetahuan baru yang kita pelajari di gereja atau seminar, walau pengetahuan yang kita peroleh itu baru tetapi tidak membuat kita menjadi ciptaan baru ! Anda harus mengimplementasikan apa yang anda baru pelajari baru anda bisa masuk ke dalam realitanya atau baru menjadi kenyataan.
Saudara tidak bisa berkata bahwa saudara sudah berubah jika cara berpikir saudara tidak berubah. Memperbaharui pikiran itu bukan kejadian sekali saja tetapi terus menerus, hari ke hari sampai maranatha. Jadi pembaharuan pikiran itu adalah suatu proses atau suatu gaya hidup di mulai hari ini sampai kita diubahkan dan mengenakan tubuh yang tidak binasa dan yang tidak bisa mati.
Perubahan adalah suatu "Proses" tidak instan, jadi harus dengan pengertian bahwa "Saya harus sabar" terhadap diri sendiri, jangan frustrasi, maupun terhadap orang lain dan jangan putus asa. Ibrani 6:12 "?agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah?" Ini perlombaan yang Rasul Paulus katakan antara pikiran lama dengan pikiran baru. Pikiran lama kita selalu muncul dengan berusaha menguasai pikiran kita, mengejar pikiran yang baru kita implementasikan dan mengalahkannya, sehingga membuat kita gagal untuk berubah. Oleh sebab itu, kita harus membuat keputusan yang bulat, bertekad "Aku harus berubah" Tidak cukup hanya mengerti bahwa kita harus berubah, melainkan kita harus bertindak untuk memulai perubahan ini. Kita tidak bisa hanya memakai gelar "Kristen" dan mengabaikan proses perubahannya. Jadi perubahan adalah bagian dari hidup anda setiap hari.

Tuhan itu baik sekali dan sungguh-sungguh merupakan pribadi yang hidup. Bayangkan saudara, kita sudah dipanggil Kristen, yang artinya adalah sama seperti Kristus karena mengikuti Kristus! Kristus artinya "Yang Diurapi Allah" Jadi Kristen artinya "menjadi serupa dengan Yang Diurapi Allah." Karena cara atau metode yang Allah pakai untuk menciptakan adalah mengatakan firman-Nya, kita pun harus sama, karena kita diciptakan Allah serupa gambar dan rupa Dia. Kita harus berubah dari karakter duniawi sebelum kita bertobat menjadi sama dengan Kristus. Roma 8:29 "?Sebab, semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara." ini yang Allah kehendaki dan hanya dapat terjadi jika saudara memperbaharui pikiran anda, maka anda akan berubah dari kemuliaan kepada kemuliaan.
Pada Roma 2:4 "?Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan?..." Tidak tahukan engkau, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau pada pertobatan? Pertobatan adalah perubahan pikiran dan perubahan hati. Dan Alkitab berkata Allah memakai kemurahan-Nya untuk membuat kita berubah. Lihat dan renungkanlah kemurahan-kemurahan Tuhan dalam hidup kita, ini akan membuat anda ingin berubah seperti yang Tuhan rencanakan bagi anda. Seringkali kita berbuat dan bersikap busuk dan tidak layak menerima kemurahan Allah tetapi DIA tetap nyatakan kemurahan-Nya. Karena ini akan menggugah kita untuk berubah. Jadi stop lihat keburukan mulai lihat kemurahan-Nya.
Ingin saya tekankan pada anda semua, bahwa alkitab menuntut perubahan dalam hidup kita. Saudara harus mencintai "Perubahan" ini bagian hidup kita sebagai umat-Nya. Pusat kehidupan kita harus diubah yaitu pikiran kita.
Kalau saudara mau menjadi mitra kerja Allah yang sukses anda "HARUS" mau diubah cara berpikirnya.
Karena perubahan adalah suatu proses, oleh sebab itu saya berikan langkah-langkahnya bagaimana saudara bisa mulai berubah. Ada 12 langkah yang harus anda lakukan untuk mencapai tempat di mana Tuhan mau anda berada. Dan menjadi seperti yang Tuhan inginkan, dapat melakukan FirmanNya dan memiliki seperti yang Tuhan katakan. Ingat Alkitab adalah standar-patokan-tali sipat bagi hidup kita.

Langkah pertama:
Keputusan untuk berubah harus anda buat.
Ulangan 30:19 berkata pilihlah kehidupan, dengan kata lain kalau saudara tidak buat keputusan untuk berubah tidak akan terjadi apa-apa. Anda harus membuat keputusan untuk berubah dari sakit menjadi sembuh, dari berhutang terus menjadi sehat keuangannya. Yosua 24:15 Pilihlah siapa yang akan kau sembah! Suatu hari anda harus buat keputusan, apakah anda mau melayani Tuhan atau setan? Apakah anda mau ke sorga atau ke neraka? Kita yang harus membuat keputusan. Jangan hanya dipikirkan saja, tetapi bertindaklah.

Langkah kedua:
Serahkan kehendak anda seluruhnya, seutuhnya kepada Tuhan. Kehendak kita harus mati supaya kehendak Allah hidup didalam kita. Kita harus semakin berkurang-kurang agar Kristus semakin bertambah-tambah didalam kita.

Langkah ketiga:
Miliki keinginan besar dan kerinduan yang kuat untuk berubah. Kerinduan untuk berubah akan memotivasi anda untuk berubah. Mulai melihat, pelajari orang-orang yang sukses sebagai hamba Tuhan, nanti akan timbul kerinduan saudara untuk berubah. Perkatakan apa yang ingin anda capai untuk berubah. Hindari apa yang menjadi kelemahan anda.

Langkah keempat:
Perdalam pengetahuan anda bagaimana menjadi seperti apa yang Allah kehendaki. Ingat . Kita tidak bisa hidup baik-baik dan sehat dalam segala hal sampai jiwa (pikiran, kehendak, emosi) kita baik. Pikiran kita, pengertian kita harus diisi dengan memperdalam pengetahuan akan kehendak Allah, jalan-jalan-Nya, rencana-Nya dalam hal kesehatan roh, jiwa, tubuh dan keuangan. Jika kita mau dan bertindak untuk berubah maka pengalaman kita dengan Tuhan akan meningkat dan kita akan alami promosi dari Tuhan.

Langkah kelima:
Lihat ke dalam firman sebagai "Cermin" agar kita bisa berubah. Saudara harus berkaca diri anda dengan cermin firman Tuhan. Cermin bisa menolong kita untuk menentukan apa yang perlu diubah dalam hidup kita! Waktu kita bercermin pada firman Tuhan kita bisa melihat gambaran dari firman Tuhan akan bayangan bagaimana kita seharusnya sebagai pengikut Kristus. Ini yang membuat kita ingin berubah dari terbelenggu menjadi merdeka dan seterusnya.



Langkah keenam:
Dengan sungguh-sungguh rajin mengaplikasikan kebenaran yang anda pelajari, dari hari ke hari. Untuk apa kita membeli kaset rohani, buku rohani jika tidak dipraktekkan dengan rajin dan konsisten.

Langkah ketujuh:
Juga harus waspada pada pintu-pintu masuk menuju ke hati kita. Setan mau mencuri, membunuh dan membinasakan. Setan mencoba mencuri iman di hati kita melalui:
· Pintu gerbang mata
· Pintu gerbang telinga
· Pintu gerbang mulut
Amsal 4:23 "?Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar."
Kalau hatimu mau berubah, ubah apa yang masuk ke dalam matamu, telingamu dan mulutmu. Jangan dengar dan melihat musik dan TV duniawi yang penuh hawa nafsu sex, kekerasan, kekejaman, pembunuhan, depresi, kehancuran, jangan bicara yang sia-sia atau omong kosong. Dengar dan lihat, perkatakan sesuatu yang memberi kehidupan.



Langkah kedelapan:
Lindungi pikiran anda dari pikiran atau usulan-usulan lama! Iblis selalu pakai pikiran lama untuk menggagalkan kita. 2 Korintus 10:5 "?Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus,?" Ayat ini berkata kita bisa mengontrol pikiran kita bahkan menawannya untuk tunduk dan taat pada pikiran Kristus. Jadi kalau pikiran kita tidak sesuai dengan firman, buang saja dan pilih berpikir seperti Alkitab dan taklukkan dengan cara mendeklarasikan apa yang firman katakan mengenai kita. Ini akan mengontrol pikiran anda kalau tidak saudara buat benteng dengan pikiran lama, pikiran negatif dan pikiran takut. Jangan berkata "Aduh pasti hancur keluarga kita" Tidak! Saudara harus berkata "Aku telah ditebus dari kehancuran."

Langkah kesembilan:
Seleksi lingkungan di mana anda berada saat ini kalau dulu anda pencandu obat jangan berada di lingkungan pencandu obat lagi. Seleksi teman-teman anda yang baru dan tempat tinggal anda. Seleksi teman-teman dan tempat-tempat yang anda kunjungi, lagu-lagu yang anda dengar, pembicaraan anda, program yang anda nonton.

Langkah kesepuluh:
Putuskan hubungan dengan masa laulumu, ikatan-ikatan lama diputuskan. Filipi 3:13 "?Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang ada di hadapanku,?" Rasul Paulus pegang ayat ini yang membuatnya sukses. Lupakan yang di belakang untuk mengejar yang di depan! Biar pernah menjadi juara tetapi itu dulu, sudah lewat, yang penting, bagaimana sekarang! Biar dulu gagal, itu sudah lewat, lupakan. Ada yang lebih baik yang Tuhan sediakan yang harus kita jangkau yang ada di depan kita dengan berkat berlimpah.



Langkah kesebelas:
Buka hati untuk menerima koreksi, teguran dan miliki hati yang dapat/mau diajar. Kalau orang dikoreksi menjawab balik orang ini tidak punya hati yang dapat diajar. Amsal 27:5 "?Lebih baik teguran yang nyata-nyata daripada kasih yang tersembunyi?"
Kalau anda ditegur dan memberontak, anda tidak siap diubahkan.

Langkah keduabelas:
Andalkan Tuhan dan bergantung pada-Nya, juga pada orang yang lebih dewasa rohani untuk mendukung saudara. Karena saudara tidak bisa merubah diri saudara sendiri. Anda butuh orang yang lebih rohani untuk menolong anda. Anda mesti mau dimuridkan seperti hubungan antara:
· Rasul Timotius dengan Rasul Paulus
· Elisha dengan Elia
· Yosua dengan Musa

Saya mau tutup pelajaran ini dengan doa yang saya rindukan bisa anda angkat di hadapan Tuhan dengan suara keras dan mendeklarasikan doa ini maka pikiran anda akan diperbaharui dan hidup anda akan berubah tidak serupa dunia lagi:

Bapa di surga, aku membuat keputusan untuk berubah Roma 4:17b berkata aku berubah dengan mengatakan apa yang Allah katakan. Terima kasih Tuhan karena aku ciptaan baru dalam Kristus, yang lama sudah berlalu, yang baru sudah datang, aku bukan lagi yang lama. Bapa di surga guruku yang baru adalah firman-Mu dan perubahan akan terjadi sesuai dengan firman-Mu dari gloryi ke glory. Kami diubahkan melalui proses demi proses, kami tidak takut untuk berubah. Dalam segala hal Allah turut bekerja sama dengan mereka yang dipanggil sesuai dengan rencana-Mu sebelum dunia dijadikan. Aku orang yang dibenarkan aku tidak di bawah tuduhan lagi, setiap hari aku melayani engkau dengan bercermin pada firman Tuhan. Mulai hari ini aku tahu siapa aku di dalam Kristus, ini adalah cerminan aku yang sesungguhnya. Terima kasih Tuhan karena Engkau telah memberitahukan aku bagaimana percaya pada apa yang alkitab katakan mengenai aku, apa yang bisa kumiliki, dan tunduk pada otoritas terakhir yaitu firman-Mu. Dalam nama Yesus, amin.

1 comment: